Chat

Selasa, 25 Juni 2013

Biografi Paul Gilbert : Dewa Alternate Picking



Paul Brandon Gilbert, atau lebih dikenal dengan Paul Gilbert, seorang gitaris dari Amerika Serikat. Lahir pada tanggal 6 November 1966 di Illinois, USA.

Bagi anda seorang gitaris yang sering memainkan lagu-lagu rock, siapa sih yang tidak mengenal salah satu dewa gitar dunia yaitu Paul Gilbert. Bahkan mungkin mendengar namanya saja pasti anda tidak asing dengan beliau sebagai sosok idola bagi para gitaris muda diseluruh dunia. Paul Gilbert namanya sangat berkibar ketika bermain dengan band besar legendaris sepanjang masa yaitu MR.Big, selain itu juga dikenal sebagai gitaris dari band Racer X.

Salah satu hal yang sangat menarik perhatian di dunia pergitaran dari Paul Gilbert adalah permainan alternate picking yang sangat memukau, powerfull, sangat akurat, sangat bersih dan juga nada yang sangat khas ala Paul Gilbert. Oleh karena itu banyak yang memiliki pendapat jika Paul Gilbert adalah seorang dewa alternate picking yang sangat menginspirasi bagi banyak gitaris-gitaris didunia.

Hebatnya lagi ketika memainkan teknik alternate picking yang dikenal bagi para gitaris sebagai salah satu teknik dengan tingkat kesulitan yang tinggi, Paul Gilbert memainkannya dengan sound gitar yang sangat crunch dengan sedikit polesan effect dan distorosi yang tipis sehingga terdengar sangat natural, jika dibandingkan dengan beberapa dewa gitar yang lain. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak gitaris-gitaris didunia yang berdecak kagum melihatnya, karena seperti kita tahu untuk memainkan alternate picking yang cepat dengan sound yang demikian tentu saja sangat sulit untuk bisa dilakukan.


BIOGRAPHY



Berawal dari belajar gitar dengan pamannya, Jimi Kidd, pada saat berusia 5 tahun dan sempat berhenti gitar sampai karena 'frustasi' dengan permainannya. Pada saat itu Paul Gilbert hanya bermain dengan 'Up Stroke' dan bermain dengan jari tengahnya saja. Akhirnya pada umur 10 tahun ia mulai bermain gitar lagi dengan seorang guru. Paul Gilbert sejak kecil sudah suka mendengarkan lagu - lagu The Beatles dan Led Zeppelin sampai akhirnya ia remaja mendengarkan Van Halen, Judast Priest, Jimmy Page yang benar - benar memberikan influence yang sangat besar bagi dirinya. Pada usia 15 tahun, ia sempat menawarkan diri bermain satu panggung bersama Ozzy Osbourne, tetapi sayang pada saat itu Ozzy menolak karena tidak ingin bermain dengan anak berusia 15 tahun.

Setelah lulus SMA tahun 1984, ia melanjutkan pendidikannya ke Guitar Institute of Technology (GIT) selama 1 tahun. Tidak disangka, setelah lulus dari GIT, ia langung diangkat menjadi salah satu guru disana hingga sekarang (walaupun sekarang lebih bnyk mengisi season clinic di GIT) . Cerita Paul Gilbert menjadi gitaris hebat telah terlihat pada tahun 1986 saat menang dalam lomba 'LA Guitar Wars' yg saat itu berusia 19 tahun!

Di GIT, ia bertemu Bruce Bouillet (guitar) Juan Alderete (bass), Harry Gschoesser (drums) dan Jeff Martin (vocals) dan membentuk band bernama Racer X . Di Racer X lah Paul Gilbert mulai dikenal sebagai salah satu shredder tercepat dengan tehnik tinggi seperti di lagu "Technical Difficulties" "Frenzy", "Scarified", "Y.R.O." and "Scit Scat Wah".

Pada tahun 1988, Paul Gilbert memutuskan hengkang dari Racer X dan membuat project bersama Billy Shehaan (bass) yang pada saat itu juga hengkang dari David Lee Roth's Band bersama Eric Martin (vocals) dan Pat Torpey (drum) . Dengan single Addicted to That Rush pada album self titled, membuat Mr.Big sukses di Jepang dan membuat puncak kesuksesannya pada release album ke dua, Learn Into It, yang mempunyai lagu hits To Be With You, Daddy Brother Lover and Little Boy, Just Take My Heart dan Green Tinted Sixties Mind. Lalu disusul tidak kalah sukses dengan album Bump Ahead (hits Colorado Bulldog, Nothing but Love, Wild World) dan Hey Man (hits Take Cover , Goin' Where the Wind Blows)

Pada tahun 1997, Paul Gilbert memutuskan hengkang dari Mr.Big karena ingin meneruskan solo karirnya

Paul Gilbert menikah dengan wanita Jepang, Emi, dan sekaligus menjadi keyboardist pada saat tur. Paul Gilbert juga bergabung dengan G3 tour pada tahun 2007 bersama Joe Satriani dan John Petrucci.

Pada tahun 2009, Mr.Big membuat reuni dan mengeluarkan album baru berjudul 'What If' dengan hits 'Undertow dan All the Way Up' .

Jika anda ingin tahu lebih dalam tentang Paul Gilbert, beliau terlahir pada tanggal 6 November 1966 di Carbondale, Illinois Amerika Serikat. Beliau sudah belajar gitar pada usia 5 tahun, bahkan hebatnya selang 10 tahun kemudian juga sudah mampu membuat demo rekaman sendiri dan dikirim ke seorang produser yang bernama Mike Varney. Diluar dugaan sang produser juga sangat mengagumi permainan dari Paul Gilbert yang bisa dibilang masih sangat muda yaitu berusia 15 tahun pada masa itu.


CIRI KHAS DAN GAYA PERMAINAN 



Paul Gilbert lebih sering menggunakan gitar buatan Ibanez dengan ciri yang sangat khas yaitu terdapat corak pada bagian atas dan bawah yang mirip dengan alat musik biola. Sehingga gitar tersebut juga menjadi salah satu ciri khasnya, bahkan juga banyak diminati oleh para gitaris-gitaris muda didunia, terutama bagi para penggemarnya. Mungkin anda sendiri juga tidak asing dengan gitar yang digunakan oleh dewa alternate picking ini, karena gitar tersebut merupakan seri khusus yang dibuat untuk Paul Gilbert sehingga bernama Ibanez PGM series(Paul Gilbert Model).

Selain handal dalam memainkan gitar, Paul Gilbert juga seorang penulis lagu yang sangat baik, simak saja beberapa hasil karyanya seperti Green-Tinted Sixties Mind di album Lean into It, kemudian Nothing but Love di album Bump Ahead, dan lain-lain yang merupakan lagu yang tidak hanya hebat dalam instrumennya saja namun juga memiliki alunan nada yang enak didengar. Bahkan hebatnya lagi beliau juga bisa bernyanyi di beberapa album solo karirnya, bahkan suaranya juga sangat khas.


ALBUM SOLO



Dengan solonya, Paul Gilbert sudah menghasilkan banyak album sebagai berikut :

King of Clubs (1998; Japan Oricon Album Chart #28)
Flying Dog (1998; Japan Oricon Album Chart #23)
Alligator Farm (2000; Japan Oricon Album Chart #24)
Raw Blues Power (2002; w/ Jimi Kidd; Japan Oricon Album Chart #94)
Burning Organ (2002; Japan Oricon Album Chart #27)
Gilbert Hotel (2003)
Space Ship One (2005; Japan Oricon Album Chart #53)
Get Out of My Yard (2006; Japan Oricon Album Chart #52)
Silence Followed by a Deafening Roar (2008; Japan Oricon Album Chart #39)
United States (2009; w/ Freddie Nelson)
Fuzz Universe (2010; Japan Oricon Album Chart #57)
Vibrato (2012)


sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/51acdc963f42b2c45d000003/biografi-paul-gilbert--dewa-alternate-picking/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar